Memberikan Ilmu-Ilmu Yang Berkaitan Seputar Tambang, Baik Pelajaran Dasar Maupun Ilmu Lanjutan. Membahas Informasi Seputar Tambang Baik Di Dalam Maupun Luar Negeri.

Sabtu, 05 Mei 2018

Tipe Survey Geokimia


Beberapa tipe survey geokimia diantaranya:

Survey Sedimen Sungai Aktif (Stream Sediment)
Survey ini banyak digunakan untuk program penyelidikan pendahuluan, khususnya pada daerah yang medannya sulit. Pada daerah tropis, pengambilan conto sedimen sungai dapat dilakukan bersamaan dengan pengamatan geologi dari float dan batuan yang tersingkap.
4 Variasi dalam survey sedimen aktif, yaitu:
  • Prospeksi mineral berat tanpa analisis kimia
  • Analisis konsentrasi mineral berat tanpa analisis kimia
  • Analisis fraksi halus dari sedimen sungai
  • Analisis beberapa fraksi selain fraksi terhalus dari sedimen sungai

Survey Tanah
Warna tanah dan perbedaan komposisi dapat menjadi indikator yang penting untuk berbagai kandungan logam. Contohnya tanah oraganik dan anorganik reaksinya akan berbeda terhadap logam. Dari kedua tipe ini dapat diharapkan perbedaan level background yang jelas. Mengabaikan perbedaan ini akan mengakibatkan kesalahan dalam pengambilan keputusan eksplorasi, yaitu anomali yang signifikan tidak terlihat dan anomali yang salah. Anomali yang salah umumnya berkaitan erat dengan komponen yang menunjukkan konsentrasi unsur yang ekstrim, seperti pada material organis dan mineral lempung, juga unsur jejak dalam airtanah.

Survey Batuan
Bertujuan untuk mendapatkan informasi kemungkinan dispersi primer yang berasosiasi dengan bijih. Survey batuan dapat digunakan untuk prospeksi mineralisasi pada kondisi berikut:
Prospeksi bijih yang menghasilkan pola dispersi batuan dasar yang luas (Contohnya Si, K, F, Cl dapat dijumpai pada lingkaran alterasi yang ekstensif mengitari bijih hidrotermal)
Prospeksi untuk endapan yang luas berkadar rendah (Contohnya endapan Cu yang tersebar atau endapan Sn yang tersebar) yang pengenalannya tidak mungkin diambil dengan sampel kecil karena kadarnya rendah atau mineral yang dicari tidak terlihat.
Pengambilan conto batuan bisa dilakukan dengan chip samplinng secara acak pada singkapan atau dengan pemboran dengan pola grid (bor Auger untuk kedalaman yang kecil, atau dengan pemboran rotari-perkusif untuk daerah yang lapisan penutupnya tebal). Conto batuan yang diperoleh kemundian digurus dan diayak dengan fraksi sebesar 80mesh, dan kemudian dianalisis.

Suvey Air
Airtanah dapat kontak dengan batuan dan melarutkan unsur-unsur dan terjadi kesetimbangan kimia yang erat kaitannya dengan kimia yang dikandung oleh akuifer. Airtanah mengandung padatan terlarut yang bervariasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Contohnya air dari ladang minyak dengan endapan halit dapat mengandung padatan terlarut yang lebih banyak dari air laut atau airtanah biasa. Namun airtanah digunakan juga dalam ekpslorasi mineral, umumnya dari sumber yang dangkal.
Selain airtanah, air sungai, mata air, danau, rawa, sumur, dan sumur bor dapat dilakukan dalam prospeksi survey air, tetapi kesulitan analisis sehubungan dengan rendahnya konsentrasi, ditambah lagi fluktuasi yang cepat akibat variasi musim menghambat meluasnya program penggunaan metode ini.

Survey Biogeokimia
Survey ini mengambil filosofi, bahwa akar tanaman menunjam jauh kedalam tanah dan mengambil makanan dari batuan dasar yang telah lapuk. Contohnya tanaman teh telah memperlihatkan batas-batas anomali Ni di Australia Barat.
Keuntungan metode ini dibandingkan dengan metode lainnya, yaitu dapat dilakukan untuk:
  • Prospeksi di daerah yang tanah penutupnya tertranspor
  • Prospeksi di daerah berawa
  • Prospeksi di daerah yang vegetasinya sangat rapat

Survey Gas
Merupakan suatu teknik yang sedang dikembangkan. Survey ini mengambil contoh gas untuk  mencari anomali unsur volatil di sekitar bijih. Saat ini perhatian difokuskan pada penteksian gas Hg di sekitar berbagai endapan bijih. Sejumlah volume udara dilewatkan melalui suatu filter yang dapat menangkap uap Hg untuk dianalisis kemudia. Pengambilan conto dapat dilakukan dekat permukaan (misalnya melalui satu unit perangkat yang dipasang pada kendaraan roda empat) dalam tanah, atau dengan pesawat yang terbang rendah.
Keterbatasan metode ini adalah:
  • Konsentrasi gas yang diukur umumnya rendah
  • Sulit menentukan lokasi anomali yang akurat
  • Peka terhadap kondisi cuaca
  • Memerlukan endapan bijih yang mengandung Hg yang cukup


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Follow on Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.