Memberikan Ilmu-Ilmu Yang Berkaitan Seputar Tambang, Baik Pelajaran Dasar Maupun Ilmu Lanjutan. Membahas Informasi Seputar Tambang Baik Di Dalam Maupun Luar Negeri.

Kamis, 26 April 2018

Pengertian Peledakan Tambang Bawah Tanah dan Pengertian Cut


Peledakan pada Tambang Bawah Tanah
Perbedaan utama antara peledakan pada tambang bawah tanah dengan peledakan permukaan (peledakan jenjang) adalah jenis arah peledakannya, pada peledakan terowongan, arah peledakan mengarah kepada satu bidang bebas. Sedangkan pada peledakan jenjang, arah peledakan dilakukan kearah dua atau lebih bidang bebas. Selain jumlah arah bidang bebas, ruang untuk melakukan peledakan pada bawah tanah terbatas, sehingga diperlukanpembuatan bidang bebas kedua yang berguna sebagai arah peledakan selanjutnya.
Lokasi bawah tanah merupakan lokasi bidang yang cukup terbatas, maka hal pertama yang perlu diantisipasi dalam pemboran lubang ledak bawah tanah yaitu  menyediakan bidang bebas dengan menggunakan lubang bor kosong (empty holes) sebanyak satu buah atau lebih yang tidak diisi bahan peledak, serta memanfaatkan detonator untuk menentukan waktu jeda (delay time) dalam proses peledakannya. Secara umum pola pemboran yang diterapkan pada tambang bawah tanah dibagi menjadi empat kelompok besar formasi lubang bor, yaitu :
  • Cut holes, berfungsi untuk menyediakan bidang bebas bagi peledakan selanjutnya. Beberapa tipe cut holes yang dapat diterapkan dilapangan adalah paralel cut dan v-cut.
  • Blast holes, merupakan lubang ledak yang berfungsi untuk menghancurkan sebagian besar muka kerja (front). Formasi lubang bor (burden dan spasing) pada umumnya menyerupai lubang paralel yang disusun berdasarkan rancangan dan disesuaikan dengan luas muka kerja.
  • Contour holes, berfungsi untuk membentuk dinding terowongan. Formasi lubang bor ini diletakkan berdekatan dengan batas luar (margin) muka kerja yang akan dibentuk.
  • Floor holes, berfungsi untuk membentuk lantai terowongan. Formasi ini diletakkan bersusun di lantai terowongan dengan spasing yang agak rapat.


Geometri Peledakan pada Tambang Bawah Tanah

Bidang bebas kedua, atau biasa disebut dengan cut, berfungsi sebagai bidang bebas pada peledakan berikutnya, yang kemudian akan diperbesar dengan menggunakan dua atau lebih susunan lubang tembak dalam melakukan peledakan.
Cut dapat diletakkan di sembarang tempat pada seluru muka terowongan, tetapi yang harus diperhatikan adalah, letak cut mempengaruhi arah lemparan, konsumsi bahan peledak, dan jumlah lubang ledak. Apabila cut diletakkan dekat dengan dinding, maka akan dapat mengurangi jumlah lubang ledak, tapi akan memunculkan kekurangan-kekurangan yang lain. Agar dapat mendapatkan arah lemparan peledakan ke depan dan menumpuk di tengah, umumnya cut diletakkan di tengah-tengah penampang dan sedikit berada di bawah pada bagian permukaan (face). Posisi ini akan menghasilkan lemparan yang dekat dan konsumsi bahan peledak lebih sedikit dikarenakan stoping berada pada arah bawah.
Posisi cut yang tinggi akan memberikan kemudahan pemuatan hasil peledakan, namun konsumsi bahan peledak akan semakin bertambah dikarenakan stoping mengarah ke atas. Secara umum, letak cut berada pada deretan lubang tembak pertama di atas terowongan.

Macam-Macam Letak Cut pada muka terowongan

Dalam melakukan perencanaan cut sebagai bidang bebas kedua, ada beberapa parameter penting yang harus diperhatikan:
·         Diameter lubang besar (lubang kosong)
·         Jarak antara lubang ledak pada Cut dengan lubang kosong
Nilai dari masing-masing Parameter  ini akan menentukan ledakan yang dihasilkan, adapun nilai ini dilihat dari grafik penentuan peledakan sebagai fungsi dari letak dan diameter lubang ledak dan lubang kosong.

Grafik fungsi hasil peledakan berdasarkan letak dan diameter antara lubang ledak dengan lubang kosong

Parameter yang juga berpengaruh dalam kemajuan peledakan pada tambang bawah tanah berhasil dengan baik adalah diameter dari lubang kosong. Semakin besar diameter lubang kosong, semakin besar pula kemajuan yang mungkin diperoleh. Salah satu penyebab umum dari kemajuan yang kecil adalah pengaruh lubang kosong yang terlalu kecil, sehingga kemajuan dari peledakan tambang bawah tanah terhambat.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Follow on Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.