Memberikan Ilmu-Ilmu Yang Berkaitan Seputar Tambang, Baik Pelajaran Dasar Maupun Ilmu Lanjutan. Membahas Informasi Seputar Tambang Baik Di Dalam Maupun Luar Negeri.

Jumat, 27 April 2018

Pengertian Ventilasi Tambang


Pengertian Ventilasi Tambang
Ventilasi tambang adalah suatu usaha atau kegiatan berupa pengendalian terhadap pergerakan ataupun aliran udara yang masuk kedalam area tambang bawah tanah. Tujuan utama dari adanya ventilasi tambang adalah menyediakan suplai udara segar dengan kuantitas dan kualitas yang baik, dan mampu mengalirkan udara kedalam seluruh wilayah pada tambang bawah tanah sehingga dapat menciptakan kondisi kerja yang nyaman dan aman bagi pekerja dan melancarkan kegiatan operasi penambangan bawah tanah. Selain mensuplai udara kedalam tambang bawah tanah, ventilasi yang terdapat pada tambang bawah tanah juga berguna untuk mengalirkan udara yang kotor yang terdapat di front kerja keluar sehingga tidak terakumulasi di dalam tambang bawah tanah yang berpotensi mengganggu kegiatan operasi pada tambang bawah tanah.

Fungsi Ventilasi Tambang
Beberapa fungsi dari ventilasi pada tambang bawah tanah diantaranya:
  • Menjaga kondisi udara yang berada didalam tambang bawah tanah agar tetap aman dan efektif    untuk lingkungan kerja
  • Memanajemen kadar oksigen pada tambang bawah tanah dan menetralisir zat-zat berbahaya  seperti gas beracun, material hasil peledakan, debu, serta menetralkan temperatur front kerja.
  • Mengencerkan konsentrasi gas-gas beracun dan berbahaya di dalam lokasi tambang sampai berada di bawah nilai ambang batas yang ditetapkan dan mengeluarkan gas-gas beracun keluar dari area tambang.


Zat Pengotor pada Tambang Bawah Tanah
Zat pengotor yang muncul pada tambang bawah tanah dapat muncul dari berbagai sumber. Selain menyediakan suplai udara segar, sistem ventilasi pada tambang bawah tanah juga memiliki fungsi utama untuk melarutkan zat-zat berbahaya dan mengeluarkannya dari dalam tambang, sehingga kondisi medan kerja pada tambang bawah tanah dapat berada di zona aman untuk melakukan kegiatan operasional penambangan. Contoh zat-zat pengotor (Polutan) yang terdapat pada tambang bawah tanah diantaranya material hhasil peledakan, gas beracun, panas yang berlebihan yang dapat mengganggu operasional kerja, debu, zat radioaktif, serta polusi yang dihasilkan oleh mesin diesel yang beroperasi didalam tambang bawah tanah.

Prinsip Aliran Udara pada Tambang Bawah Tanah
Didalam tambang bawah tanah, berlaku prinsip sebagai berikut:
  • Udara akan mengalir dari kondisi bertemperatur rendah menuju ke temperatur panas.
  • Udara akan lebih banyak mengalir melalui jalur-jalur ventilasi yang memberikan tahanan yang lebih kecil dibandinkan dengan jalur bertahanan yang lebih besar.
  • Hukum-hukum mekanika fluida akan selalu diikuti dalam perhitungan dalam ventilasi tambang.


Pengendalian Kualitas Udara Tambang
Adapun udara segar normal yang dialirkan pada ventilasi tambang terdiri dari Nitrogen (N2), Oksigen (O2), Karbondioksida (CO2), Argon dan gas-gas lain seperti yang terlihat pada tabel dibawah:
Komposisi Udara Segar

Dalam perhitungan ventilasi tambang selalu dianggap bahwa udara segar normal terdiri dari:
Nitrogen (N2)  : 79%
Oksigen (O2)   : 21%
Disamping itu selalu dianggap bahwa udara segar akan selalu mengandung karbondioksida (CO2) sebesar 0.03%. Perlu diingat bahwa udara dalam ventilasi tambang bawah tanah selalu mengandung uap air dan tidak pernah ada udara yang benar-benar kering. Oleh karena itu akan selalu ada istilah kelembapan udara (humidity) pada ventilasi tambang bawah tanah.
Kebutuhan udara pernafasan perlu diperhitungkan dalam ventilasi tambang bawah tanah. Kebutuhan ini didefinisikan sebagai nisbah pernafasan (respiratory quotient) yang mengartikan sebagai perbandingan antara jumlah karbondioksida yang dihembuskan terhadap jumlah oksigen yang dihirup pada suatu proses pernafasan. Adapun kebutuhan udara pernafasan menurut kegiatan kerja ditunjukkan pada tabel berikut (Hartman, 1982):
Kebutuhan Udara Pernafasan


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Follow on Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.