Memberikan Ilmu-Ilmu Yang Berkaitan Seputar Tambang, Baik Pelajaran Dasar Maupun Ilmu Lanjutan. Membahas Informasi Seputar Tambang Baik Di Dalam Maupun Luar Negeri.

Minggu, 29 April 2018

Tahapan Kegiatan dalam Penambangan


Secara umum, tahapan kegiatan penambangan modern dibagi menjadi lima:
  • Tahap Prospeksi
  • Tahap Eksplorasi
  • Tahap Development
  • Tahap Eksploitasi
  • Tahap Reklamasi

TAHAP PROSPEKSI
Merupakan tahapan awal dari kegiatan penambangan, kegiatan ini meliputi kegiatan mencari bijih atau mineral-mineral berharga lainnya, termasuk batubara. Metode yang dilakukan dalam melakukan kegiatan prospeksi terbagi menjadi dua, yaitu metode langsung (pengamatan geologi fisik), dan metode tidak langsung (geofisika, geokimia, fotogrametri, satelit). Target utama dari kegiatan ini adalah untuk mencara anomali yang selanjutnya anomali tersebut bertujuan untuk dianalisa dan dievaluasi. Adapun data yang dibutuhkan dalam melakukan kegiatan prospeksi meliputi studi literatur, peta geologi, dan data-data dari tambang lama yang telah selesai beroperasi. Jangka waktu kegiatan prospeksi antara 1-3 tahun dengan biaya antara $0.2-$10M.

TAHAP EKSPLORASI
Tahapan eksplorasi bertujuan untuk menentukan luas dan sebaran dari nilai ore atau bijih, metode yang dilakukan dalam melakukan kegiatan eksplorasi ini berupa sampling (pengambilan sampel baik berupa dari sampel pengeboran ataupun sampel dari batuan yang tersingkap ke permukaan. Tahapan eksplorasi ini juga bertujuan untuk melihat sisi kelayakan dari suatu proyek, apakah layak untuk dilanjutkan atau dihentikan, dengan berbagai faktor, terutama dari segi nilai ekonomis. Jangka waktu yang dibutuhkan dalam melakukan kegiatan eksplorasi ini antara 2-5 tahun dengan biaya antara $1-$15M.

TAHAP DEVELOPMENT
Merupakan tahapan lanjutan setelah kegiatan eksplorasi. Apabila tinjauan studi kelayakan pada tahap produksi layak untuk dilanjutkan, maka dilanjutkan kepada tahapan development Tahapan ini bertujuan untuk mulai membuka akses menuju ore deposit agar dapat diproduksi.
Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam tahap development ini adalah:
Mengurus perizinan
Memperkirakan pengaruh terhadap lingkungan
Menentukan peralatan yang akan digunakan
Membangun jalan untuk akses/sistem transportasi
Membangun fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan
Membuat akses menuju ore deposit
Adapun jangka waktu yang dibutuhkan pada tahapan ini adalah antara 2-5 tahun dengan estimasi biaya $10-$500M.

TAHAP EKSPLOITASI
Merupakan tahapan untuk melakukan produksi dalam skala besar setelah proses development selesai dilaksanakan. Tahapan ini meliputi pemilihan jenis metode penambangan pada lokasi, mengangkut material dari lokasi asal bijih ke tempat pemrosesan hingga pada tahapan penjualan kepada konsumen. Pada tahapan eksploitasi ini juga terdapat kegiatan pengawasan pada biaya operasi dan jangka waktu balik modal, hal ini dikarenakan dana yang diinvestasikan mulai dari kegiatan prospeksi, eksplorasi, dan development tergolong cukup besar. Adapun jangka waktu dalam melakukan kegiatan eksploitasi ini bervariasi, tergantung umur tambang dan jumlah cadangan yang terdapat dilokasi tersebut, umumnya antara 10-30 tahun, dengan estimasi biaya 5M-$75M.

TAHAP REKLAMASI
Merupakan tahapan akhir dalam seluruh rangkaian kegiatan penambangan, ketika kegiatan penambangan telah selesai, maka bentang alam yang sudah dilakukan eksploitasi dikembalikan lagi menuju fungsi asalnya, sehingga lahan bekas penambangan tersebut dapat dimanfaatkan kembali untuk sektor-sektor lain seperti pertania, perumahan penduduk, hingga kawasan wisata. Tahapan reklamasi ini juga meliputi pemindahan alat-alat industri yang terdapat pada tambang tersebut. Jangka waktu yang dalam melakukan kegiatan reklamasi ini antara 1-10 tahun, dengan estimasi biaya antara $1-$20M.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Follow on Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.